082195697518 – Penipuan Via WhatsApp [PT. WHATSAPP INC INDONESIA]

082195697518 - Penipuan Via WhatsApp [PT. WHATSAPP INC INDONESIA]

TukangTipu.net – Halo! Netizen yang bijak. Kali ini saya akan sharing modus penipuan yang sedikit berbeda dari postingan-postingan saya sebelumnya. Postingan sebelumnya menyinggung soal penipuan via sms, untuk kali ini saya berbagi info tentang penipuan via whatsapp.

082195697518 - Penipuan Via WhatsApp [PT. WHATSAPP INC INDONESIA]
Screenshot Pesan Modus Penipuan Via WhatsApp
Ini merupakan pertama kalinya saya mendapat sebuah pesan yang berindikasi penipuan via whatsapp. Berikut sedikit cuplikan pesan yang saya terima.

“PESAN RESMI PT. WHATSAPP INC INDONESIA

Selamat kepada Anda sebagai Pengguna setia WhatsApp. No. WhataApp Anda beruntung Memenangkan hadiah Cek Tunai Sebesar Rp. 75.000.000,- Dari Program Promo Undian PT. WHATSAPP INC INDONESIA Dengan Code PIN (2547AFR)

Mohon maaf kami tidak dapat Melayani Chat melalui WhatsApp. U/Info pengambilan hadiah kunjungi Situs resmi yg tertera di bawah ini:

www.undian-whatsappinc.tk

MARKETING OFFICE……”

Melihat sekilas pesan tersebut, saya sudah meyakini bahwa itu sebuah penipuan. Kemudian saya mencoba mengakses situs yang disebutkan di atas. Setelah saya coba mengunjungi situs www.undian-whatsappinc.tk , situs tersebut sudah tidak terdeteksi dan redirect ke mercusuar.uzone.id

Kenapa bisa di redirect ke mercusuar.uzone.id? yang saya tahu, penyebabnya yaitu situs www.undian-whatsappinc.tk sudah tidak aktif atau alamat situsnya salah.

Jadi bisa kita ambil kesimpulan bahwa :

  • Perhatikan pada alamat situs “www.undian-whatsappinc.tk“. Sepengetahuan saya, ini bukanlah situs resmi dari WhatsApp.
    NB: Alamat situs diatas memiliki TDL “.tk” dan ini merupakan salah satu ciri situs gratisan. Jadi mana mungkin sebuah perusahaan besar sekelas WhatsApp menggunakan website gratisan.
  • Sebuah hal aneh jika sebuah perusahaan besar mengumumkan undian dengan menggunakan nomor provider seperti 08219569xxxx

Silahkan berbagi pengalaman Anda tentang penipuan dalam bentuk digital pada laman “Laporkan Tukang Tipu“.
Pengalaman yang Anda bagikan akan sangat bermanfaat untuk mencegah modus-modus penipuan di dunia maya dan sejenisnya.

Sekian Informasinya dan tetaplah waspada karena banyaknya modus-modus penipuan saat ini.

156 Comments


  1. Ini saya baru saja dapet pesan whatsapp seperti itu, itu modus penipuankah?
    katanya saya dapet hadiah mobil,dan saya suruh ngecek untuk buka situsnya. Setelah saya tanyakan bagaimana pengurusannya saya disuruh menghubungi bapak derry laksmana. Mohon bantuannya.

    Reply

  2. Klk pesan kek gini penipuan bkn ya?
    INFO RESMI
    No wa Anda Men-dpt Hadiah cek Rp.100jt Dr program undian WHATSAPP INC NO Pun 278×××× U/Info klik; http://www.waindr -2018.blogspot.com

    Aku cari infonya ternyata cuma dpt 75jt ini penipuan bkn ya?

    Reply

    1. Yup, ini salah satu bentuk penipuan

      Reply

    1. dipastikan penipuan itu ndan.

      Reply

  3. PT.WHATSAPP INC INDONESIA
    SELAMAT NOMOR WHATSAPP ANDA TERPILIH SEBAGAI PEMENANG CEK TUNAI Rp.25.000.000.00 DARI PTWHATSAPP INC INDONESIA UNTUK INFO MENGENAI HADIAH ANDA SILAHKAN HUBUNGI AHMAD SUHEMI 081344793547
    SYARAT DAN KETENTUAN BERLAKU

    Kalau yang seperti ini apakah penipuan juga ka?

    Reply

    1. anda dapat pesan tersebut melalui apa ndan? via SMS atau dari aplikasi WA?

      Reply

  4. PESAN RESMI
    PT.WHATSAPP INC INDONESIA

    Selamat! Kepada Anda sebagai
    Pengguna setia WhatsApp.
    No.WhatsApp Anda beruntung
    Memenangkan hadiah grand prize.
    2 Cek Tunai Rp.100.jt
    Dari Program Undian Promo
    PT.WHATSAPP INC INDONESIA
    Dengan CODE PIN (6317-xxxx)

    Mohon maaf kami tidak dapat
    Melayani Chat melalui WhatsApp.
    U/Info pengambilan hadiah kunjungi
    Situs resmi yg terterah di bawah ini:

    http://www.bigprize-resmi.blogspot.com

    MARKETING OFFICE
    RIYAN HIDAYAT
    TELPON: 085228488343

    Terima kasih atas kesetian Anda
    Telah mempergunakan WhatsApp
    Sebagai alat komunikasi Anda.
    Semoga hadiah yg di menangkan
    Bermanfaat untuk Anda sekeluarga.

    HORMAT KAMI
    PT.WHATSAPP INC INDONESIA

    Tolong dong, kalo memang penipuan harus ditindak lanjuti..
    Ini sudah sangat meresahkan, mungkin korban juga sudah banyak..
    Kalo korbanya orang2 yang bener2 gak punya, kasian banget…
    Tolong diproses secara hukum yang ada….

    Reply

    1. betul banget ndan. Ane juga nyari info, hal seperti ini ada pelaporan via online atau tidak. Kalau dr pembaca sekalian tahu info pelaporan. Bantu kasih link/alamat websitenya ya.

      Reply

  5. Gebyar whatsApp 2018 SeIamat !!! akun whatsApp anda get honda HRV code E2747MTS untuk info call : 021 3333 8888 / 0816 273284 Link web : http://www.info-hadiah.ga

    Yg saya tdk habis pikir. Sms tsb dikirimkan memakai nama whatsApp resmi tdk memakai no hp spt penipuan2 selama ini. Apa aplikasi wa sdh dihack atau bgm ya?

    Reply

    1. Bukan di hack mbak, tetapi memang ada tools jika kirim via SMS, yg tercantum pengirim bisa diubah sesuai keinginan. Model penipu seperti ini yg mau sedikit modal. Karena menggunakan tools yg saya sebut tadi itu berbayar. Dari contoh pesan yg Anda tulis diatas, sudah terlihat kalau penipuan. Umumnya perusahaan besar menggunakan 4-5 digit angka untuk sebuah layanan. Contoh bisa Anda liat jika menerima SMS dari nomor 4444 atau 363, 929, dst.

      Reply

    1. yup. ini salah satu bentuk penipuan juga melihat dari ciri alamat website seperti yang sudah saya jabarkan sebelumnya.

      Reply

    1. Ini penipuan mbak. Bisa Anda cermati kembali artikel yg saya tulis terkait bentuk penipuan

      Reply

  6. saya sehari bisa dapat sms 10 kali dari penipuan yang mengatas namakan whatapp ini… caranya gimana si biar tidak di SMS terus,, sebel aku

    Reply

    1. jika nomornya sama, blok aja melalui fitur yg ada di smartphone Anda

      Reply

  7. Tadi malam saya dapat sms dari whatsapp melalui sms kira2 bener gak yaa???

    Reply

    1. Kalau bentuk atau isi SMS mirip seperti artikel diatas, berarti terindikasi penipuan.

      Reply

  8. Saya juga dapat tipuan lewat SMS dr NOPE : 085213007314

    Reply

  9. Pak kalau blh tahu SMS ini beneran apa engga sih?
    Selamat
    Anda beruntung memenangkan hadiah cek tunai sebesar 75.000.000,code pin(25×××)
    U/info pengambilan hadiah kunjungi situs resmi yg ada di bawah ini:
    http://www.75jt.blogspot.com

    Reply

    1. Ya, ini juga merupakan penipuan. Itu alamat situsnya buat situs gratisan

      Reply

  10. Anda Resmi mndptkn BILYET GIRO Rp,75.000.000. No Verifikasi WhatsApp [474858]. U/Info Klik http://www.bit.do/FiestaWhatsApp

    Saya mau tanya ini penipuan atau tidak ya? Karna saya coba nlp dan diangkat . Dia ngasih kode giro . Dan saya disuruh ke atm untuk ikutin cara dia . Lalu saya tidak boleh kasih tau siapa” kode itu . Apa itu penipuan ya?

    Reply

    1. Wah iya mbak, hati-hati. Apapun bentuk nya jika mengarahkan kita untuk ke Bank, itu patut dicurigai

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *